Hubungan antara Harga Diri dengan Kecenderungan Perilaku Narsistik Menampilkan Foto Diri di Instagram pada Remaja

Main Author: Ilma, Nur
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/37106/1/P_1061_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/257062
http://repository.ubaya.ac.id/37106/
Daftar Isi:
  • Kecanggihan teknologi saat ini memudahkan manusia untuk mengakses internet menggunakan unsur-unsur multimedia. Multimedia adalah gabungan informasi berupa text, gambar, dan video. Kegunaan multimedia membantu dalam menampilkan foto diri secara fisik di instagram yang dikaitkan dengan kecenderungan perilaku narsistik sebagai upaya yang dilakukan untuk mendapatkan like, comment dan followers untuk memperoleh popularitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan kecenderungan perilaku narsistik menampilkan foto diri di instagram pada remaja. Desain penelitian adalah kuantitatif korelasional dan teknik pembambilan sampel menggunakan proposive sampling dengan subjek berusia 12 – 18 tahun yang berjumlah 120 subjek. Hasil uji hipotesis non-parametrik yaitu ada hubungan antara harga diri dengan kecenderungan perilaku narsistik menampilkan foto diri di instagram, diperoleh sig. 0.014 dengan nilai r = -.156 berkorelasi negatif yang berarti semakin tinggi harga diri maka akan semakin rendah kecenderungan perilaku narsistik, begitupun sebaliknya. Harga diri tergolong kategori tinggi yaitu remaja merasa nyaman dengan kehidupannya sehingga tidak ada perbedaan antara apa yang ditunjukkan pada orang lain dengan keadaan diri sebenarnya. Kcenderungan perilaku narsistik tergolong sedang yang berarti ada keinginan untuk dipuji dan diperhatikan oleh orang lain tetapi tidak berusaha keras untuk mencapainya.