Analisis Implementasi ISO 9001:2008 pada PT. X di Pandaan
Main Author: | Karundeng, Claudy Innocentia |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/36814/1/M_6162_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252168 http://repository.ubaya.ac.id/36814/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses sertifikasi ISO 9001:2008 pada PT. X, sehingga dapat diketahui kelemahan-kelemahan yang menjadi penyebab PT. X belum memiliki sertifikat ISO 9001:2008 hingga saat ini.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT sebenarnya telah menerapkan seluruh ketentuan dari pasal-pasal ISO 9001:2008. Namun demikian, masih ada beberapa tindakan koreksi dan/atau tindakan pencegahan yang perlu dilakukan pada beberapa departemen berdasarkan Laporan Hasil Audit Internal yang dilakukan oleh Auditor IPP terhadap proses sertifikasi ISO 9001:2008 di PT X, khususnya yang terkait dengan Pasal 4.2.3 tentang Pengendalian Dokumen, Pasal 4.2.4 tentang Pengendalian Catatan Mutu, Pasal 5.4.1 tentang Sasaran Mutu, Pasal 6.2.1 tentang Umum (Sumber Daya Manusia), Pasal 6.2.2 tentang Kecakapan, Pelatihan dan Kepedulian SDM, Pasal 6.3 tentang Prasarana, Pasal 7.1 tentang Perencanaan Realisasi Produk, Pasal 7.3 Perencanaan Desain dan Pengembangan, serta Pasal 8.2.3 tentang Pemantauan dan Pengukuran Proses.