Perancangan Produk Display Booth Portable untuk Pedagang Secondhand Clothes di Pasar Minggu Surabaya

Main Author: Prasetyaningtias, Vrita
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/36639/1/DMP_284_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/254137
http://repository.ubaya.ac.id/36639/
Daftar Isi:
  • Car Free Day diadakan di Taman Bungkul sejak tahun 2008. Acara Car Free Day juga terdapat pasar minggu yang diminati warga. Pasar minggu tersebut menjual beberapa makanan, minuman, pakaian, dll. Penjual di pasar minggu memasarkan barang dagangan dari makanan hingga barang yang tidak dijual di toko pada umumnya. Pasar minggu memberikan kesempatan yang baik kepada penjual dikarenakan pembeli yang tidak bisa membeli barang-barang yang tidak di jual pada toko pada umumnya seperti pakaian bekas. Penjual pakaian bekas tentu membutuhkan usaha lebih untuk memasarkan produknya supaya lebih menarik. Penjual pakaian di pasar minggu juga membutuhkan tempat untuk memajang produknya. Display bisa berupa stand booth untuk lebih menarik perhatian. Stand booth yang akan dirancang harus sesuai kriteria kebutuhan sesuai analisa observasi dan wawancara yaitu pasang dan bongkar booth yang lebih efektif waktu, layout stand booth untuk pakaian tidak bisa terinjak oleh pembeli. Hasil observasi terdapat 2 cara pedagang menggunakan booth yaitu di gantung dan di susun secara acak dengan lahan booth 2m x 1m. Display knockdown booth dibuat untuk penggunaan secara praktis mempermudah menyusun maupun saat di bongkar setelah selesai berdagang, dan atribut perancangan berdasarkan aspek-aspek ergonomi yaitu meliputi efektif waktu, aman, layout booth sesuai kebutuhan, sesuai dengan lingkungan, situasi dan tipe kegiatan pedagang. Produk ini akan di wujudkan berupa prototype dan menggunakan media promosi atl dan btl. Produk prototype ini di uji kecepatan waktu, dan menggunakan ukuran standart jualan di taman bungkul.