Studi Deskriptif Sikap Pemilih Pemula di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya terhadap Iklan Partai Gerindra

Main Author: Nugroho, Widya Satriyo
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Psikologi UBAYA , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/36397/1/S_271_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132575
http://repository.ubaya.ac.id/36397/
Daftar Isi:
  • Sistem pemilihan umum (pemilu) pada tahun 2009, khususnya pemilu legislatif, menganut pada sistem proporsional terbuka, dimana pemilih dapat secara langsung memilih calon anggota legislatif yang diusung oleh partai masing–masing. Situasi ini kemudian memunculkan persaingan, baik dalam level partai maupun calon anggota legislatif untuk memperoleh suara sebanyak – banyaknya dari rakyat. Salah satu caranya adalah dengan melalui iklan, seperti yang dilakukan partai GERINDRA. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana sikap pemilih pemula terhadap iklan partai GERINDRA dan faktor apa yang mempengaruhinya. Pemilih pemula dipilih karena selama ini selalu dianggap buta akan politik, meski sebenarnya memiliki potensi besar bila menyumbangkan suara mereka.