Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Pemahaman Soal Cerita dengan Contoh Kasus pada Sekolah Dasar Gloria Kelas 4

Main Author: Kinski, Bryan
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/36354/1/TI_2033_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/253818
http://repository.ubaya.ac.id/36354/
Daftar Isi:
  • Matematika adalah salah satu pelajaran yang sulit dimengerti pada anak-anak tahapan kelas 4 SD. Kesulitan ini terutama disebabkan ketidak pahaman pada soal cerita. Kesulitan tentang pemahaman materi matematika dapat dihubungkan dengan teori belajar kognitif yang menekankan bagaimana seseorang dapat mengerti persepsi dan lingkungannya. Tugas ahir ini melakukan perbandingan dari dua aplikasi yang ada, dan menghubungkan teori dasar dengan kebutuhan sistem yang digunakan. Desain aplikasi pada tugas akhir ini menekankan pada penampilan soal dalam bentuk yang menarik, dan memudahkan pengguna dalam menghubungkan sodal dan penjelasannya. Pada tahapan akhir aplikasi diujikan secara langsung pada anak kelas 4 SD, untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap soal dan materi yang ada. Hasil pengujian membuktikan siswa menunjukkan tingkat pengertian yang baik terhadap soal dan materi yang diberikan dalam aplikasi tersebut, terbukti pada saat tahapan analisa hanya 16.67% siswa yang berada pada rentang nilai 80-100 sedangkan pada tahapan pengujian semua siswa berada pada rentang 80-100.