Pengaruh Corporate Social Responbility, Customer Identification, Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty pada Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya

Main Author: Felicia, Alvinessa
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/36261/1/M_6264_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/254101
http://repository.ubaya.ac.id/36261/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responbility, customer identification with Company, dan Customer Satisfaction terhadap loyalitas pelanggan hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode SEM (Structural Equation Modeling), yang diolah dengan software AMOS 22.0. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 200 responden yang merupakan pelanggan untuk menggunakan dan menikmati jasa di hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya dengan pendidikan minal SMA/SMK, dan berusia 18 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan jenisnya adalah purposive sampling. Skala pengukuran menggunakan numerical scale dalam 7 skala jenjang. Dalam penelitian ini juga dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas alat ukur, selanjutnya dilakukan uji pada measurement model dan structural model, serta uji goodness of fit dari model penelitian. Hasil penelitian ini menyarankan hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya dapat meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan yang merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini juga menyatakan bahwa corporate social responbility berpengaruh positif signifikan terhadap customer loyalty.