Hubungan antara Academic Self Efficacy dengan Academic Cheating pada Mahasiswa Universitas X
Main Author: | Willianto, Kevin Apriando |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/36227/1/ED_516_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252639 http://repository.ubaya.ac.id/36227/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia akademis, siswa dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran yang telah diberikan. Pada kenyataannya, tidak semua siswa mampu untuk memenuhi standar nilai yang telah ditetapkan, sebab setiap orang mempunyai kemampuan serta motivasi belajar yang berbeda-beda. Hal tersebut menyebabkan beberapa siswa yang tidak mampu memenuhi tuntutan tersebut berupaya mengambil jalan pintas, yaitu dengan berperilaku curang (cheating). Berdasarkan survey awal yang dilakukan oleh peneliti dan berdasarkan pengertian dari academic self efficacy sendiri, rata-rata subjek melakukan perilaku curang (cheating) karena kurangnya self efficacy (keyakinan diri) dalam mengerjakan tugas atau ujian, sehingga untuk mendapat nilai yang baik, mereka lalu mengambil jalan pintas dengan cara berperilaku curang (cheating) tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Universitas X. Jumlah sampel yang harus dicapai dalam penelitian ini adalah sebanyak 370 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara academic self efficacy dengan academic cheating pada mahasiswa Universitas X (r=-0,325 dan p<0,05). Artinya bahwa semakin tinggi tingkat academic self efficacy yang dimiliki oleh mahasiswa, maka akan diikuti dengan rendahnya academic cheating dari mahasiswa tersebut, begitu pula sebaliknya.