Playwood (Alat Peraga Belajar Mengenal Angka Dan Berhitung Untuk Anak Berkebutuhan Khusus)

Main Authors: Puguh, Albert Sugianto, Kurniawan, Very, Sukmawati HD, Nurdiana, Sholihatin, Nur, Nurdin, Adiliana, Wahyudi, Rahman Dwi, Hartono, Markus, Hapsari , Indri
Format: Monograph NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Teknik Industri Universitas Surabaya , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/36180/1/sertifikat_EC00201952816%20(Playwood).pdf
http://repository.ubaya.ac.id/36180/2/Playwood_gambar%20produk%20dan%20panduan.pdf
http://repository.ubaya.ac.id/36180/
Daftar Isi:
  • Playwood merupakan suatu permainan edukasi untuk anak disabilitas intelektual kelas 2-6 SD, yang mana membantu mereka dalam mengenal angka dan berhitung khususnya dalam memahami teori penjumlahan dan pengurangan. Invensi ini tersusun dari: 1. Papan bawah terdapat lubang untuk menancapkan bentuk angka 1-10. Diatas masing-masing bentuk angka tersebut, terdapat lubang yang banyaknya menyesuaikan jumlah dari masing-masing angka tersebut, untuk kemudian diisi satu persatu dengan stik-stik yang tersedia di gudang stik. Papan bawah ini merupakan level pengenalan terhadap jumlah angka. 2. Papan atas merupakan level penjumlahan dan pengurangan. Terdapat dua bagian, bagian pertama terdapat lubang-lubang untuk menancapkan komponen angka dan notasi penjumlahan/pengurangan beserta komponen angka hasil penjumlan/pengurangan tersebut. Sedangkan bagian kedua, terdapat 3 lubang besar yang fungsinya juga untuk melakukan operasi penjumlahan/perhitungan namun dengan menerapkan sistem permainan tradisional dakon (congklak). Lubang-lubang besar tersebut diisi dengan biji-biji dakon (yang tersedia di gudang dakon, lubang besar paling bawah) yang jumlahnya menyesuaikan angka yang ada di bagian pertama. Nilai tambah dari Playwood ini adalah desain yang menarik sehingga tidak membosankan digunakan oleh anak disabilitas intelektual kelas 2-6 SD.