Pentingnya Keberadaan Pariwisata dan Industri Kreatif di Indonesia, Serta Strategi Pengembangannya, Periode 2011-2016
Main Author: | Audihusna, Humayra Syahutama |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/35995/1/SP_1985_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252581 http://repository.ubaya.ac.id/35995/ |
Daftar Isi:
- Indonesia memiliki kekayaan alam dan buatan yang melimpah. Kekayaan alam tersebut berpotensi dalam mengembangkan sektor pariwisata, dimana industri kreatif memiliki peran penting dalam membantu perkembangan pariwisata. Pariwisata berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), cadangan devisa dan menciptakan lapangan kerja baru berbasis pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat perkembangan pariwisata di Indonesia berdasarkan pada analisis SWOT, kemudian menentukan strategi terkait perkembangan pariwisata Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder, dimana data primer dan data sekunder diambil dari berbagai sumber yang kemudian diolah kembali, antara lain melalui website Badan Pusat Statistik, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Koran Kompas, dan seluruh sumber mengenai pariwisata dan industri kreatif yang dapat diakses melalui internet. Strategi tersebut antara lain: Strategi Kekuatan-Peluang (SO), Strategi Kekuatan-Ancaman (ST), Strategi Kelemahan-Peluang (WO) dan Strategi Kelemahan-Ancaman (WT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pariwisata dan industri kreatif memiliki keterkaitan satu sama lain dan berperan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, sehingga pemerintah maupun swasta dalam pengembangan terhadap keduanya mengupayakan beberapa hal seperti memperbaiki dan mengembangkan infrastruktur, sarana dan prasarana pada destinasi wisata, juga memelihara adat dan budaya Indonesia.