Pengaruh Sales Promotion, dan Store Atmosphere terhadap Hedonic Shopping Motivation, dan Impulsive Buying Transmart Surabaya

Main Author: Hartanto, Christian Budi
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/35776/1/M_6205_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252797
http://repository.ubaya.ac.id/35776/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sales promotion, dan store atmosphere terhadap hedonic shopping motivation, dan impulsive buying Transmart Surabaya. Penelitian ini merupakan basic research karena penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dengan tipe penelitian causal dan pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan didalam penelitian merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 responden yang pernah melakukan pembelian impulsif di Transmart Surabaya, pernah melakukan pembelian impulsif sebanyak minimal 3 kali dalam 6 bulan terakhir di Transmart Surabaya, berdomisili di Surabaya, berpendidikan minimal SMA, pernah memanfaatkan promosi produk berupa sampel, voucher/kupon, dan paket harga, dan berbelanja di Transmart atas inisiatif pribadi, Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Lisrel 8.70 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sales promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hedonic shopping motivation. Store atmosphere memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hedonic shopping motivation. Sales promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Store atmosphere tidak berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying. Hedonic shopping motivation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying.