Hubungan antara Emosi Kerja (Emotional Labor) dan Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence) dengan Kelelahan Emosional (Emotional Exhaustion) pada Agen Asuransi PT.AS

Main Author: Setiawati, Catherina
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Psikologi Ubaya , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/35729/1/IN_814_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148546
http://repository.ubaya.ac.id/35729/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia industri jasa semakin pesat, salah satunya jasa keuangan dalam bidang asuransi. Strategi yang digunakan oleh perusahaan asuransi PT. "AS" ini berbasis pada kepuasan nasabah oleh karena itu sangat mengandalkan peran agen asuransi, hal ini berarti agen asuransi diharuskan mematuhi display rules. Masalah muncul ketika display rules dan tidak bisa mengekspresikannya karena larangan dari kaidah yang ada maka agen harus berusaha mengolah emosi tersebut agar tetap sesuai dengan kaidah perusahaan. Keadaan tersebut akan menyebabkan suatu disonansi atau ketidaksesuaian antara apa yang dirasakan sebenarnya dengan emosi yang ditampilkan yang dapat mengarah pada kelelahan emosional Tinggi rendahnya kelelahan emosional dipengaruhi oleh emosi kerja dan kecerdasan emosional yang dimiliki agen asuransi.