Hubungan Antara Big Five Personality Traits dan Internal Locus Of Control dengan Self Directed Learning pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Main Authors: Howay, Lusye Howay, Pudjibudojo, Jatie K., Pandjaitan, Lena Nessyana
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/35679/1/Lusye%20Howay%20Howay_Hubungan%20Antara%20Big%20Five%20Personality%20Traits%20dan%20Internal%20Locus%20Of%20Control.pdf
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/issue/view/1642
http://repository.ubaya.ac.id/35679/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar sumbangsih big five personality traits dan internal locus of control terhadap self directed learning pada mahasiswa kedokteran. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan teknik survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih semester I dan III tahun ajaran 2018-2019 sebanyak 85 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan tiga alat ukur yaitu Self Directed Learning Instrument (SDLI), The Big Five Inventory (BFI) dan Internal Control Index (ICI). Analisis data menggunakan korelasi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa big five personality traits dan internal locus of control secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan terhadap self directed learning (p = 0,00 dimana p < 0.05), serta memberikan sumbangan sebesar 37,6%. Adapun sumbangan terbesar dari dimensi big five personality terhadap self directed learning adalah oppeness (B: 0.646) diikuti oleh conscientiousness (B: 0.387).