Efektivitas Edukasi Flipchart terhadap Pengetahuan, Sikap, Persepsi, dan Gula Darah Pasien DM Tipe 2 dengan Terapi Insulin

Main Author: Rismawati, Kadek Yeni Dian
Format: Thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/33647/1/MFK_169_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249581
http://repository.ubaya.ac.id/33647/
Daftar Isi:
  • Latar belakang: Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang ditandai hiperglikemia dan gangguan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak akibat gangguan insulin, baik sekresi, kerja atau keduanya. Edukasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi komplikasi dan meningkatkan pengelolaan DM. Penelitian terdahulu menunjukan bahwa edukasi dengan flipchart memberikan pengaruh terhadap pengelolaan diabetes mellitus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari pemberian edukasi flipchart terhadap pengetahuan pasien DM tipe 2. Metode: Survey dilakukan menggunakan metode penelitian pre-experimental dengan desain pre-posttest study. Kuesioner digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan, sikap, dan persepsi pasien. Sampel adalah pasien diabetes mellitus tipe 2 di RSUD Sanjiwani Gianyar yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian dilakukan Juni-November 2017. Hasil data dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil: analisa pada empat puluh pasien diabetes mellitus tipe 2 menunjukkan terdapat perbedaan signifikan (p<0,005 ) pada pengetahuan, sikap, persepsi dan kadar gula darah acak sebelum dan setelah diberikan edukasi flipchart. Kesimpulan: Pemberian edukasi terapi insulin dengan media flipchart pada pasien diabetes mellitus tipe 2 dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan persepsi serta meningkatkan kontrol gula darah dengan menurunkan kadar gula darah acak.