Strategi Pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Pada Era Global (Studi Kasus UD Pawon Kue di Kota Surabaya)

Main Author: Islami, Prastiti Nur
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/33591/1/SP_1893_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249060
http://repository.ubaya.ac.id/33591/
Daftar Isi:
  • Lingkungan ekonomi global yang semakin berkembang membuat pelaku usaha UMKM harus merencanakan strategi yang tepat agar mampu bersaing dan berkembang. Dalam penelitian ini rencana strategi disusun melalui analisis SWOT dengan melihat lingkungan internal yaitu kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness) serta lingkungan eksternal yaitu peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) pada perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini didapat melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada studi kasus penelitian yaitu UD. Pawon Kue. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan tahapan yaitu menyusun matriks IFAS dan EFAS, penggabungan matriks IFAS dan EFAS, kuadran SWOT, dan matriks SWOT. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa strategi yang tepat digunakan dalam UD. Pawon Kue adalah Strategi Agresif atau Strategi Pertumbuhan. Strategi Agresif yang dapat diterapkan dalam UD. Pawon Kue adalah mengoptipmalkan pengelo laan usaha, melakukan pengembangan produk, dan memperluas pangsa pasar.