Pengaruh Faktor-faktor Eksternal Persaingan Industri Dalam Pengembangan Strategi Bersaing Berdasarkan Kelompok Usaha Menengah Dan Usaha Kecil Pada Sentra Industri Kulit Tanggulangin
Main Author: | Nugroho, Arief Styo |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2000
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231217 http://repository.ubaya.ac.id/3323/ |
Daftar Isi:
- Dihadapkan pada era perdagangan bebas dalam rangka mengantisipasi keterbukaan perekonomian dunia, baik pada tingkat regional maupun tingkat dunia dengan tingkat persaingan yang semakin ketat, Usaha Kecil dituntut menjadi tangguh dan mandiri. Usaha Kecil, yang merupakan bagian integral dunia usaha nasional mempunyai kedudukan, potensi, dan peranan sangat penting dan strategis dalam mewujudkan tujuan Pembangunan Nasional pada umumnya dan tujuan Pembangunan Ekonomi pada khususnya. Keadaan persaingan dalam suatu industri tergantung pada lima kekuatan persaingan pokok, yaitu kekuatan tawar-menawar pemasok persaingan di antara industri sejenis, ancaman produk pengganti, kekuatan tawar-menawar pembeli, serta masuknya pendatang baru yang sejenis. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor eksternal persaingan terhadap pertumbuhan perusahaan di sentra industri kulit Tanggulangin dengan menggunakan analisa faktor dan analisa multi regresi linier. Sehingga para pengusaha dapat menciptakan posisi yang aman terhadap kelima kekuatan persaingan diatas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal yang dapat mendukung terhadap pengembangan perusahaan adalah Variabel Kekuatan tawar-menawar pemasok dan Variabel Kekuatan tawar-menawar konsumen dengan faktor-faktor pendukungnya adalah Kelancaran supply bahan baku, Perhatian pemasok, Kualitas bahan baku, Kinerja pemasok, Ragam bahan baku, Cara pembayaran, Keanekaragaman produk, Kualitas ptoduk, Kenyamanan hasil produk, Pilihan dan keinginan pembeli, dan Penyebaran serta Distribusi produk. Faktor-faktor eksternal persaingan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan perlu diperhatikan para pengusaha sentra industri tas Tanggulangin dan mereka yang bergerak dibidang yang sama dengan bidang industri yang dijadikan objek pada penelitian ini, sehingga mendapatkan suatu referensi dalam menjalankan suatu strategi pemasaran. Para pengusaha supaya lebih meningkatkan hubungan baik dengan pemasok bahan bakunya dalam mendapatkan pemasok tetap dengan atribut pemasok yang sesuai dengan keinginnn dan kondisi perusahaan, meningkatkan usaha dalam menarik minat konsumen dengan meningkatkan keanekaragaman produk yang sesuai dengan pilihan dan keinginan konsumen, meningkatkan kualitas dan kenyamanan hasil produk, serta pendistribusian produk yang baik, sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk perusahaan lain yang sejenis.