Hubungan Antara Money Attitude Dan Penggunaan Credit Card Dengan Compulsive Buying Produk Fashion Pada Wanita Dewasa Awal

Main Author: Lavenia, Nia
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/32732/1/IN_1252_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/250074
http://repository.ubaya.ac.id/32732/
Daftar Isi:
  • Compulsive buying merupakan perilaku berbelanja berlebih yang tidak terkontrol yang memiliki konsekunsi hutang, cemas dan funtasi. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan money attitude dan penggunaan credit card dengan compulsive buying produk fashion pada wanita dewasa awal. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif survey menyebarkan angket menggunakan teknik purposive sampling pada penelitian ini menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai tujuan penelitian ini. Penelitian ini didukung data wawancara awal dan subjek pada penelitian ini sebanyak 200 wanita dewasa awal. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik spearman’s Correlation Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan antara money attitude dengan compulsive buying dengan korelasi 0.420 dengan sumbangan efektif 22,1 % dan hubungan penggunaan credit card dengan compulsive buying dengan korelasi 0.334 dengan sumbangan efektif 12,4 %. Hasil penelitian ini menunjukan semakin tinggi money attitude dan kecenderungan menggunakan credit card akan menunjukan perilaku compulsive buying yang tinggi. Harapan dari penelitian ini subjek dapat menggunakan uang dan credit card dengan bijak saat berbelanja tidak hanya melakukan perilaku berbalnja untuk meningkatkan harga diri.