Perancangan Strategi Pengembangan Di PT. Inti Daya Guna Aneka Warna, Malang

Main Author: SAMSUNI, KURNIAWAN
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/32228/1/TM_4068_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249474
http://repository.ubaya.ac.id/32228/
Daftar Isi:
  • Di dalam dunia usaha setiap perusahaan memiliki keinginan untuk mempertahankan dan memperluas usahanya di tengah persaingan. PT. Inti Daya Guna Aneka Warna (INDANA) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang paint & coating. Industri paint & coating saat ini terutama di Indonesia menjadi sangat menarik dan diminati banyak pelaku usaha. Ada banyak perusahaan sejenis baik perusahaan internasional dan lokal yang ikut meramaikan di pasar yang sama. Untuk itulah perusahaan INDANA mememerlukan strategi yang tepat yang sesuai dengan kondisi perusahaan serta dapat memberikan hasil maksimal agar dapat bertahan di tengah sengitnya persaingan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat memberikan rancangan strategi yang sesuai untuk perusahaan. Strategi yang terbentuk selanjutnya akan dipilih dan diurutkan berdasarkan penilaian tingkat kepentingan. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan tidak terbebani dalam menerapkan strategi serta dapat menjadi lebih fokus terhadap strategi yang paling tepat. Dengan demikian diharapkan perusahaan dapat merasakan dampak positif dari strategi yang terpilih. Penelitian dimulai dari pengumpulan data berupa hasil observasi dan wawancara terhadap pihak perusahaan. Melalui data yang terkumpul selanjutnya dilakukan identifikasi dan penilaian faktor – faktor internal dan eksternal perusahaan. Faktor – faktor internal dan eksternal perusahaan dibutuhkan dalam mengolah dan menganalisis matriks IFE, EFE dan CPM. Selanjutnya berdasarkan data yang diperoleh, diolah ke dalam matriks SWOT, IE, dan Strategi Besar yang berguna untuk menghasilkan rancangan strategi yang sesuai. Selanjutnya digunakan matriks QSPM untuk mengetahui urutan kepentingan dari rancangan strategi. Urutan kepentingan berguna sebagai bahan pertimbangan dalam memilih strategi yang tepat bagi perusahaan. Penilaian dilakukan kepada semua faktor internal dan ekternal perusahaan yang telah berhasil di identifikasi yang disebut dengan Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE). Selanjutnya IFE dan EFE menjadi pondasi dalam melakukan pencocokan untuk menemukan strategi yang tepat untuk perusahaan. Dengan melakukan analisis matriks SWOT, IE, dan Strategi Besar secara kualitatif menghasilkan jenis strategi yang cocok untuk perusahaan diantaranya: penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, dan integrasi. Strategi – strategi tersebut kemudian dinilai dan dipilih menggunakan matriks QSPM untuk diurutkan berdasarkan tingkat kepentingannya. Hasilnya ditemukan urutan strategi untuk perusahaan secara urut yaitu: penetrasi pasar, integrasi, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Penelitian diakhiri dengan penjelasan mengenai strategi dengan tingkat kepentingan paling tinggi yaitu penetrasi pasar dan alternatif yang dapat dilakukan perusahaan untuk mendukung strategi tersebut serta perbandingan terhadap kondisi perusahaan saat ini.