Hubungan antara Pola Asuh dengan Motivasi Berprestasi Pada Anak

Main Author: Sugianto, Laurentia
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/31344/1/ED_476_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/247667
http://repository.ubaya.ac.id/31344/
Daftar Isi:
  • Pola asuh memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang motivasi berprestasi anak karena pada usia ini mereka memiliki oritentasi prestasi dan mampu berpikir kritis. Namun, anak-anak belum dapat mengendalikan sendiri perilaku giat dan tekun untuk mencapai prestasi. Anak masih membutuhkan bantuan orang tua untuk mengarahkan dan mengingatkan waktu belajar, serta dorongan dari orang tua. Orang tua berperan memberikan responsiveness dan demandingness yang tinggi kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh dengan motivasi berprestasi pada anak. Subjek penelitian ini adalah 84 siswa-siswi LBB X dan Y, dengan rentang usia 9 hingga 11 tahun. Alat ukur pola asuh pada penelitian ini dibuat oleh Gafoor dan Kurukkan (2014). Alat ukur motivasi berprestasi pada penelitian ini dibuat oleh Steinmayr & Bergold (2016). Data dianalisis dengan uji korelasi Spearman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif signifikan antara pola asuh dengan motivasi berpretasi pada anak (r = 0.591; p (0.000) < 0.050). Pola asuh yang dimiliki subjek penelitian ini adalah pola asuh authoritative dengan motivasi berprestasi yang tergolong tinggi. Subjek dengan pola asuh authoritative mendapatkan responsiveness dan demandingness yang tinggi dari orang tua dengan hope for success yang tinggi dan fear of failure yang rendah.