Restrukturisasi dan Pengembangan Aktivitas Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak
Main Author: | Absari, Dhiani Tresna |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/3077/1/DHIANI_KNIP09.pdf http://repository.ubaya.ac.id/3077/ |
Daftar Isi:
- Salah satu tanggung jawab penting yang selalu harus diusahakan untuk dipenuhi oleh seorang dosen profesional dalam perannya sebagai pendidik adalah meningkatkan pemahaman dan prestasi mahasiswa pada kelas ajarnya. Untuk itu, berbagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut senantiasa dilakukan. Ada lima bidang pembelajaran yang berpengaruh pada kesuksesan aktivitas pembelajaran, yaitu: pengembangan kurikulum dan pengorganisasian bahan/materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pemilihan sarana-prasarana pembelajaran. Berdasarkan evaluasi pembelajaran pada kelas Rekayasa Pearangkat Lunak, sebuah mata kuliah wajib yang ada pada Jurusan Teknik Informatika Universitas 'x', terungkap bahwa terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan tiga dari lima bidang pembelajaran. Hal ini telah menyebabkan ketidakpuasan mahasiswa sehingga prestasi belajar mereka pun tidak optimal. Pada penelitian ini ditunjukkan bahwa restrukturisasi dan pengembangan terhadap bidang pembelajaran, ternyata memang benar dapat memperbaiki dan meningkatkan aktivitas pembelajaran.