Analisis dan Desain Sistem Mananejemen Hubungan Pelanggan dengan menerapkan Konsep Recency Frequency Spending menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Studi Kasus pada Perusahaan Keramik X Pasuruan)

Main Author: Absari, Dhiani Tresna
Format: Proceeding PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Polman Babel , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/30752/1/Abstract%20%2D%20Analisis%20dan%20Desain%20Sistem%20Mananejemen%20Hubungan%20Pelanggan%20dengan%20menerapkan%20Konsep%20Recency%20Frequency%20Spending%20menggunakan%20Metode%20Simple%20Multi%20Attribute%20Rating%20Technique.pdf
http://abecindonesia.org
http://repository.ubaya.ac.id/30752/
Daftar Isi:
  • Kondisi persaingan bisnis yang sangat ketat pada kondisi saat ini mengakibatkan perusahaan harus memiliki strategi kompetitif agar dapat selalu mempertahankan bahkan meningkatkan usaha bisnisnya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan loyalitas pelanggan. Manajemen hubuangan pelanggan adalah salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Degan manajemen hubungan pelanggan yang baik, karakteristik pelanggan dapat diidentifikasi salah satunya melalui data referency, frequency dan spending (RFS) yang dimiliki oleh masing-masing pelanggan dan dipakai sebagai dasar klasifikasi pelanggan. Klasifikasi pelanggan berguna dalam mengenali karakteristik pelanggan sehingga setiap pelanggan dapat memperoleh perlakuan yang sesuai dengan karakteristiknya, sehingga pelanggan merasa diistimewakan dan berdampak pada peningkatan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan desain sistem manajemen hubungan pelanggan yang menerapkan metode analisis pelanggan berdasarkan data RFS dengan memanfaatkan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) dalam menentukan klasifikasi pelanggannya nanti. RFS menjadi atribut pemilihan dan pelanggan menjadi alternatifnya. Studi kasus dan data dalam penelitian ini mengambil dari data transaksi penjualan perusahaan keramik X.