Hubungan Antara Frekuensi Bermain Video game Jenis Kekerasan Dengan Kecenderungan Agresi
Main Author: | Kumoro, Daniel Yudha |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
, 2002
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/30085/1/P_325_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143361 http://repository.ubaya.ac.id/30085/ |
Daftar Isi:
- Dari hasil survei awal vang dilakukan peneliti terhadap 25 pelajar di daerah Taman Indah (Sidoarjo) ditemukan sebanyak 47 dari 73 judul game yang dimainkan oleh pelajar-pelajar tersebut sarat akan adegan-adegan kekerasan. Bandura (Koeswara, 1988) menyatakan bahwa pengamatan terhadap tingkah laku model yang melakukan kekerasan akan membentuk tingkah laku kekerasan pula pada individu pengamat. Proses identifikasi ini terjadi melalui beberapa tahap yang salah satunya dipengaruhi oleh frekuensi kehadiran model yang dilihat. Oleh karena itu dapat diasumsikan bahwa frekuensi memainkan video game yang menampilkan model yang melakukan kekerasan akan mempercepat terbentuknya perilaku kekerasan pada pemainnya.