Perancangan Sistem Informasi Manajemen di PT. Rimba Kusuma Lestari, Gresik
Main Author: | Wibhawa, Jemmy Hadi |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Fakultas Teknik Ubaya
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/29211/1/TM_2418_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135461 http://repository.ubaya.ac.id/29211/ |
Daftar Isi:
- PT. Rimba Kusuma Lestari adalah perusahaan manufaktur yang bergerak. di bidang penggergajian kayu kamper yang dipasarkan pada pasar lokal. Pada saat ini, persaingan industri perkayuan semakin ketat yang memaksa PT. Rimba Kusuma Lestari untuk terns berusaha meraih pangsa pasar sebanyak banyaknya Selain itu peraturan pemerintah yang membatasi ruang gerak dengan peraturan-peraturan yang sangat ketat bagi industri perkayuan memaksa PT. Rimba Kusuma Lestari untuk tetap bertahan. Untuk tetap dapat bertahan, PT. Rimba Kusurna Lestari terus berusaha berbenah diri sehingga tidak teijadi permasalahan-permasalahan diperusahaan serta pelayanan terhadap konsumen dapat ditingkatkan. Hal mendasar yang perlu dibenahi di PT. Rimba Kusurna Lestari adalah sistem informasi manajemen diperusahaan yang akan mengurangi permasalahan-permasalahan yang teijadi serta memperlancar aliran iuformasi didalam perusahaan dan juga untuk meningkatkan pelayanan terhadap seluruh komponen yang terlibat Perbaikan yang utama dilakukan pada struktur organisasi dan uraian keija serta sistem dan prosedur yang ada diperusahaan. Pada perbaikan struktur organisasi dan uraian keija berhasil memperbaiki struktur awal yang memiliki kelemahan dalam hal kontrol menjadi struktur yang memiliki kontrol yang lebih baik serta uraian kelja yang lebih terfokus. Sistem dan prosedur yang awalnya lemah dalam pengawasan menjadi sistem dan prosedur yang lebih terpantau, seperti misalnya sistem dan prosedur penjualan dan pengiriman barang yang awalnya sering lepas dari kontrol, setelah dilakukan perbaikan kontrol menjadi lebih ketat. Sehingga dapat meminimalkan permasalahan-permasalahan yang teijadi di perusahaan. Selain melakukan perbaikan juga dirancang suatu sistem komputerisasi yang diharapkan dapat banyak membantu sistem informasi diperusahaan. Bagian-bagian yang perlu dilakukan perbaikan adalah struktur organisasi dan uraian kelja serta sistem dan prosedur mulai dari pembelian log, penjualan barang jadi, penagihan barang jadi sampai keuangan perusahaan. Sedangkan perbaikan yang dilakukan adalah dengan melakukan beberapa perubahan pada struktur organisasi dan uraian keija, dan penambahan dokumen dan perubahan pada sistem dan prosedur di tiap bagian. Dengan sistem yang baru diharapkan permasalahan-permasalahan yang sering muncul diperusahaan dapat dikurangi serta pelayanan terhadap konsumen dapat ditingkatkan dan perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan sejenis.