Pengaruh Personality, Cultural, Materialism, Shopping Enjoyment Tendency terhadap Impulsive Buying Behavior Produk Pakaian di Surabaya

Main Author: ROESGINO, YUSUF SETRO
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/28445/1/M_5748_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/243019
http://repository.ubaya.ac.id/28445/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Personality, Cultural, Shopping Enjoyment Tendency, Materialism, serta Impulsive Buying Tendency terhadap Impulsive Buying Behavior pada perilaku pembelian pakaian oleh konsumen di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling, dimana sampel berupa responden yang pernah melakukan pembelian pakaian secara impulsif dalam 1 tahun terakhir dan berpendidikan minimal SMA atau sederajat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 300 orang yang terdiri dari 133 konsumen laki-laki dan 167 konsumen perempuan. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan software AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa personality emotional stability tidak berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying behavior. Personality Agreeableness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying behavior. Personality Extraversion memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap impulsive buying behavior. Personality Conscientiousness memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap impulsive buying behavior. Personality Openness to Experiencess memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap impulsive buying behavior. Cultural Collectivism memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap impulsive buying behavior. Cultural Individualism tidak berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying behavior. Shopping Enjoyment Tendency memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap impulsive buying behavior. Materialism memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap impulsive buying behavior. Impulsive Buying tendency memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap impulsive buying behavior produk pakaian.