Strategi Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Batik Fashion di Jawa Timur Periode 2009-2013
Main Author: | Sari, Dian Roszita |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/28366/1/SP_1761_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241197 http://repository.ubaya.ac.id/28366/ |
Daftar Isi:
- Salah satu IKM di Jawa Timur yang memiliki banyak potensi yaitu IKM Batik Fashion. Para pelaku IKM Batik Fashion memiliki banyak peluang untuk mengembangkan usahanya serta memasarkan produk – produk unggulan di seluruh Indonesia. Hanya saja, IKM Batik Fashion di Jawa Timur masih banyak memiliki kendala dalam hal pemasaran, sertifikasi, serta persaingan yang ketat dengan pengusaha batik lainnya yang membuat batik dengan cara printing. Berdasarkan analisis SWOT, maka strategi yang tepat untuk mengembangkan IKM Batik Fashion adalah (1) pemasaran produk batik secara on line; (2) pengerahan bantuan mengenai sertifikasi karena sertifikasi merupakan sesuatu yang sangat penting untuk memasuki pasar bebas; (3) memasok batik ke pasar Tanah Abang dan Thamrin City karena besarnya potential demand.