Perancangan Permainan Menanam Sayuran Untuk Anak Usia 4-6 Tahun

Main Author: DHARMALI, YULIAWATI
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/28123/1/DMP_148_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242295
http://repository.ubaya.ac.id/28123/
Daftar Isi:
  • Tema tanaman merupakan salah satu tema yang diajarkan pada pendidikan anak usia dini di Taman Kanak Kanak (TK) untuk melatih kecerdasan alam anak. Menanam secara langsung merupakan cara yang paling memberikan pengalaman langsung dalam memberikan pembelajaran tema tanaman. Namun, tidak semua sekolah mengajak siswanya menanam secara langsung. Ada pun, anak yang menanam di rumah atau di tempat wisata. Anak yang menanam secara langsung pun juga tidak selalu terlibat pada setiap prosesnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif dan kuantitatif untuk merancang permainan menanam sayuran untuk anak usia 4 - 6 tahun. Metode kualitatif dilakukan dengan wawancara pada guru, pakar psikologi anak, pakar tanaman, dan produksi mainan, serta studi aktivitas kegiatan menanam. Metode kuantitatif dengan kuesioner pada pendamping anak, meliputi orang tua dan guru, serta observasi pada produk eksisting. Kedua metode tersebut digunakan untuk mengetahui kebutuhan pengguna dan fitur yang akan diaplikasikan pada produk. Pada akhirnya, didapatkan desain produk permainan menanam sayuran yang dilengkapi dengan puzzle yang digunakan sebagai pengukur ketinggian tanaman dan puzzle yang digunakan sebagai reward setiap kali anak menyelesaikan kegiatan menanamnya. Hasil uji coba produk pun menunjukkan dengan adanya produk anak dapat mengingat dan menyukai kegiatan menanam, sehingga kecerdasan alam dapat semakin berkembang.