Studi Eksploratori Motif Konsumen Melakukan Pembelian melalui Internet di Surabaya

Main Author: Tanjung, Yohanes
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/27035/1/M_4756_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132408
http://repository.ubaya.ac.id/27035/
Daftar Isi:
  • Perkembangan pembelian melalui internet di Indonesia cukup besar. Konsumen dilatarbelakangi oleh motif yang beragam dibalik keputusan pembelian melalui internet, antara lain: harga lebih murah, tidak menghabiskan banyak waktu seperti di toko konvensional, dan bisa mendapatkan barang langka atau koleksi dari tangan pertama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam (mengeksplorasi) motif-motif apa yang mendorong konsumen melakukan pembelian melalui internet di Surabaya. Mengacu pada latar belakang yang telah dikemukakan, maka ruang lingkup bahasan pada penelitian ini meliputi klasifikasi motif komprehensif menurut Me. Guire (Loudon dan Bitta, 1993:327) dengan menggunakan kombinasi empat kutub ganda kecenderungan motif, yaitu: cognitive motive, affective motive, preservation motive, growth motive, active motive, passive motive, internal motive, dan external motive. Dari basil wawancara yang dilakukan kepada responden beijumlah delapan responden dengan menggunakan metode depth interview maka didapatkan motif yang berbeda-beda dari tiap responden yang melakukan pembelian melalui internet, yang didasarkan pada delapan motif, yaitu: Motif kognitif, Motif Afektif, Motif Pemeliharaan, Motif Pertumbuhan, Motif Aktif, Motif Pasif, Motif Internal, dan Motif Eksternal. Berdasarkan analisis jawaban masing-masing responden tersebut, maka dapat dijelaskan bahwa terdapat perbedaan motif dari masing-masing responden dalam melakukan pembelian melalui internet di Surabaya. Motif yang mendominasi responden melakukan pembelian melalui internet adalah motif autonomy, motif matching, motif assertion, dan motif identification.