Entrepreneurial Orientation and Social Capital in Pricing Strategy: A Case of Small Enterprises in East Java
Main Authors: | ., Suyanto, Pratono, Aluisius Hery |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/26892/7/Suyanto_Pratono_Entrepreneurial_Abstract_2015.pdf http://repository.ubaya.ac.id/26892/1/Suyanto%20dan%20Pratono%202015.pdf http://ejournal.uksw.edu/jeb/id/tentang-jeb http://repository.ubaya.ac.id/26892/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji dampak orientasi kewirausahaan dan modal insani terhadap strategy penetapan harga perusahaan-perusahaan kecil di Jawa Timur. Metode penelitian campuran antara analisis kuantitatif dan analisis kualitatif dipergunaan untuk menganalisis 168 perusahaan kecil. Temuan utama dari analisis kualitatif adalah perusahaan kecil cenderung menetapkan harga rendah untuk produk-produk mereka, diskon diberikan kepada pelanggan yang loyal, sistem penetapan harga transfer berdasarkan biaya produksi, adanya hubungan yang dekat antara pekerja dan pemilik dan antar pekerja, keagresifan bukanlah merupakan ciri perusahaan kecil. Temuan utama dari analisis kuantitatif ada tiga, yaitu (1) keagresifan dalam inovasi produk dan otonomi dalam pengambilan risiko merupakan dua ukuran orientasi kewirausahaan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan kecil di Jawa Timur dalam menetapkan harga produk baru; (2) baik agresifitas dalam inovasi dan otonomi dalam pengambilan risiko menentukan program pemasaran (salah satu ukuran penetapan harga) di perusahaan-perusahaan kecil; (3) sharing tujuan merupakan faktor kunci dalam modal insani yang sangat mempengaruhi komunikasi yang baik dengan pelanggan.