Pengaruh Involvement, Familiarity, Brand Loyality, dan Price Sensitivity terhadap Consumer Evaluation pada Pembelian Produk Susu Bubuk Merek Pediasure Complete di Surabaya

Main Author: Gloria, Vika Gloria
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Ekonomi UBAYA , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/26758/1/M_4636_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132347
http://repository.ubaya.ac.id/26758/
Daftar Isi:
  • Kecukupan nutrisi diperlukan untuk pertwnbuhan dan perkernbangan tubuh anak. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh anak adalah makanan cair yang mengandung Simbiotik yang sangat penting untuk menunjang sistern saluran cema yang sehat agar terhindar dari virus dan bakteri. Kandungan Simbiotik dapat diternukan dalam formula susu bubuk merek Pediasure Complete. Berdasarkan 10 kuesioner yang disebarkan mengenai pertanyaan umum seputar pernbelian susu oleh orang tua bagi anaknya, diperoleh infonnasi bahwa konsumen membeli suatu produk susu karena konsumen sudah mengetahui produk atau merek tersebut sebelurnnya (fomiliarity), salah satu motivasi konsumen dalam mernbeli sebuah produk susu adalah berdasarkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan yang mernproduksinya (involvement), konsumen yang sudah cocok terliadap suatu produk susu akan sangat jarang sekali berpindah merek dengan pertimbangan bahwa konsumen tidak mau mengambil resiko hila anaknya harus sakit perut karena berganti-ganti susu (brand loyalty), dan konsumen menanggapi perubahan harga yang teijadi pada suatu produk terhadap evaluasi pernbelian produk susu bagi anak-anaknya (price sensitivity). Pentingnya mengkonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak dan berdasarkan jawaban dari kuesioner tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh involvement, familiarity, brand loyalty, dan price sensitivity terhadap consumer evaluation dalam mernbeli produk susu bubuk merek Pediasure Complete di Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Adapun respondennya adalah pengambil keputusan atas pernbelian susu bubuk Pediasure Complete yang diternui peneliti sedang melakukan pernbelian susu bubuk Pediasure Complete di Giant, Hypermart dan Carrefour yang berjurulah I 00 orang, dengan teknik pengambilan sampel sampling convenience. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi tinier berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan basil analisis data dapat disimpulkan bahwa involvement, familiarity, brand loyalty dan price sensitivity secara serentak berpengaruh signifikan terhadap consumer evaluation dalam mernbeli produk susu bubuk Pediasure Complete di Surabaya. Disimpulkan pula bahwa familiarity, brand loyalty dan price sensitivity secara parsial berpengaruh signiftkan terhadap consumer evaluation dalam membeli produk susu bubuk Pediasure Complete di Surabaya, sedangkan price sensitivity secara parsial tidak berpengaruh signifikan. Faktor yang paling berpengaruh dalam consumer evaluation pernbelian susu Pediasure Complete adalah involvement, urutan kedua yang dapat mernpengaruhi consumer evaluation adalah familiarity, dan urutan ketiga adalah brand loyalty.