Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pustakawan memiliki cukup peluang untuk meningkatkan layanan perpustakaan yang lebih mudah dan cepat melalui perkembangan teknologi informasi (internet). Salah satunya adalah Jasa Penelusuran Informasi yang bertujuan untuk membantu menemukan informasi yang dibutuhkan pemustaka. Permintaan informasi terus berkembang sebagai dampak perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perpustakaan dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas layanan khususnya terkait pengiriman dokumen hasil jasa penelusuran informasi kepada pemustaka. Sebelumnya, proses pengiriman dokumen menggunakan internet (e-mail), namun ditemukan beberapa kendala antara lain kapasitas file yang besar sehingga file tidak terkirim dan terbatasnya kuota e-mail itu sendiri. Selanjutnya, perpustakaan mengembangkan sebuah sistem dengan memanfaatkan Google Drive yang dipergunakan sebagai salah satu alternatif media penyimpanan, sistem document delivery serta sistem temu kembali. Aplikasi sistem ini dapat meningkatkan kinerja Pustakawan dalam mengelola dokumen penelusuran informasi. Pustakawan dapat juga membangun sistem informasi yang sejenis dengan mengembangkan beberapa fitur yang sudah tersedia pada sistem aplikasi email yang tersedia bebas. Selanjutnya perlu dilakukan evaluasi terhadap sistem yang diaplikasikan dengan mengukur tingkat kepuasan pemustaka yang menggunakan layanan ini serta harapan bagi pengembangannya. Keywords : Referensi online, e-mail referensi, Penelusuran Informasi, electronic document delivery, Google Drive, Kinerja Pustakawan