Hubungan antara Self Efficacy dan Self Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakulats Psikologi Universitas Surabaya

Main Author: Sari, Dessy Annastia
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/26226/1/ED_429_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/240205
http://repository.ubaya.ac.id/26226/
Daftar Isi:
  • Dalam dunia pendidikan, pada setiap jenjang pendidikan, baik itu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Perguruan Tinggi (PT), prestasi akademik merupakan tolak ukur dari pencapaian hasil belajar. Pada jenjang perguruan tinggi, prestasi akademik ditunjukkan melalui Indeks Prestasi (IP). Indeks Prestasi adalah angka yang menunjukkan prestasi seseorang dalam belajar atau bekerja. Pencapaian prestasi akademik yang tinggi merupakan harapan semua mahasiswa, namun kenyataannya tidak semua mahasiswa mempunyai prestasi akademik yang tinggi. Fenomena rendahnya prestasi akademik terjadi pada beberapa mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Hasil tersebut dikarenakan mereka kurang memiliki kemampuan dalam hal pengaturan belajar dan mereka juga memiliki keyakinan bahwa mereka kurang mampu menghadapi kesulitan yang mereka alami dalam hal pencapaian prestasi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara self-efficacy dan self regulated learning dengan prestasi akademik. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2012. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 80 mahasiswa dipilih dengan teknik Incidental Sampling. Pengambilan data menggunakan angket self efficacy, self regulated learning, dan memakai nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis korelasi Spearman. Hasil menunjukkan ada hubungan antara self efficacy dengan prestasi akademik (r = 0,234, p = 0,036 < 0,05) dan tidak adanya hubungan antara self regulated learning dengan prestasi akademik (r = 0,072, p = 0.526 > 0,05). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa self efficacy yang lebih memiliki hubungan dengan prestasi akademik dibandingkan dengan self regulated learning. Self efficacy memberikan sumbangsih sebesar 5,4 % terhadap prestasi akademik.