Profil Tanggapan Konsumen dan Peranan Apoteker Terhadap Kualitas Pekerjaan Kefarmasian di Beberapa Apotik di Bangkalan Kota

Main Author: ., Irwanto
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Farmasi UBAYA , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/26202/1/F_2737_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148352
http://repository.ubaya.ac.id/26202/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian mengenai profil tanggapan konsumen dan peranan apoteker terhadap kualitas pekerjaan kefarmasian di beberapa apotik Bangkalan kota. Penelitian ini dilakukan pada 5 apotik dengan menarik sampel apotik menggunakan metode Non Probability Sampling antara lain apotik H, apotik K, apotik C, apotik L, apotik I. Penelitian ini melibatkan 175 responden dengan 19 yang tidak valid sehingga tinggal 156 yang dianggap valid, dengan penarikan sampel responden menggunakan metode Non Probability Sampling. Data yang diambil diambil dengan menggunakan metode survey. Hasil yang didapat pada penelitian ini, bahwa antara harapan dan kenyataan ada perbedaan dengan dilihat dari nilai probabilitas < 0,05. Dilihat dari ketujuh aspek pekerjaan kefarmasian meliputi pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan pengadaan, penyimpanan dan distribusi obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, pengembangan obat, bahan obat, dan obat tradisional, yang dianggap paling penting yaitu pengamanan pengadaan dan pelayanan obat atas resep dokter, dan yang sudah dinilai sudah baik pelayanannya adalah pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan pengadaan, penyimpanan dan distribusi obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat. Sedangkan pengembangan obat, bahan obat, dan obat tradisional masih belum memenuhi harapan pengguna jasa apotik.