Persepsi Guru Bidang Studi Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 10 Surabaya

Main Author: Winadi, Nurwidiasih Firstyana
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Psikologi UBAYA , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/25421/1/ED_339_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133488
http://repository.ubaya.ac.id/25421/
Daftar Isi:
  • Layanan bimbingan dan konseling tidak akan berhasil apabila tidak ada keinginan kerjasama dan tidak ada sikap kooperatif baik dari guru BK, guru bidang studi, siswa, maupun para staf sekolah. Sikap kooperatif ini dipengaruhi oleh persepsi masing-masing individu bagaimana memandang layanan bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi guru bidang studi terhadap layanan bimbingan dan konseling yang menyangkut aspek metode pengajaran bimbingan dan konseling, aspek manfaat layanan bimbingan dan konseling, aspek tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling, aspek karakteristik guru bimbingan dan konseling, dan aspek jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling serta untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terbentuknya persepsi guru bidang studi terhadap layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada 50 orang guru bidang studi (total population), subjek penelitian berjenis kelamin laki-laki (21orang), subjek penelitian berjenis kelamin perempuan (29 orang), dengan usia 30-59 tahun, tingkat Pendidikan D3, S1, Dan S2, lama bekerja subjek penelitian 7-36 tahun. Pengambilan data dengan menggunakan angket terbuka, angket tertutup dengan skala likert dan wawancara yang dilakukan sebagai data pendukung data kuantitatif untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi guru bidang studi terhadap layanan bimbingan dan konseling. Analisis data yang digunakan teknik statistik deskriptif dan diolah serta ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dari seluruh aspek yang ada, terlihat bahwa subjek penelitian memiliki persepsiyang baik terhadap layanan bimbingan dan konseling (72%). Dari penelitian ini disimpulkan bahwa, subjek cenderung positif terhadap aspek tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling dari seluruh aspek yang diteliti (78%). Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru bidang studi terhadap layanan bimbingan dan konseling adalah pengalaman selama mengajar, cara penyampaian layanan bimbingan dan konseling, sifat dan karakteristik guru bimbingan dan konseling.