Sistem Furnitur Unit Perpustakaan Taman Kanak-Kanak

Main Author: Herdiana, Wyna
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Surabaya , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/24982/2/WYNA%2DNIEC_5th_Abstrak_%202009.pdf
http://repository.ubaya.ac.id/24982/3/WYNA%2DNIEC%20%2D%205th%202009.pdf
http://repository.ubaya.ac.id/24982/
Daftar Isi:
  • Selama ini perpustakaan dianggap sebagai suatu tempat yang sangat membosankan terutama bagi anak-anak untuk itu perlu diadakan perubahan sarana penunjang 9furnitur) yang dapat menarik minat anak agar senang berada di perpustakaan dalam rangka pemberian bekal kepada peserta didik agar memiliki daya saing yang tangguh, kreatif, mandiri dan tercipta masyarakat belajar (learning society). Dimensi furnitur penunjang perpustakaan yang besar juga menjadi maslah bagi ruang perpustakaan Taman Kanak-kanak yang rata-rata relatif kecil. Melihat kondisi tersebut maka dibuatlah suatu desain yang ringkas, praktis, menarik serta multifungsi (satu produk dapat menjadi beberapa fungsi) dan yang terpenting dapat menyatu dengan keadaan ruang perpustakaan dimana saja dan dengan tema ruang yamg berbeda pada setiap sekolah Taman kanak-kanak. Konsep furnitur perpustakaan yang fleksibel mencakup aspek kompak, multifungsi dan tematik. Kompak adalah dapat menyesuaikan dengan segala bentuk dan ukuran ruang dengan penambahan dan pengurangan modul. Multifungsi: memiliki fungsi ganda pada sebuah produk, tematik: furnitur dapat menyesuaikan dengan tema ruang perpustakaan Taman Kanak-Kanak. Kata kunci: furnitur, perpustakaan taman Kanak-kanak, fleksibel.