Studi Hubungan Antara Inteligensi Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas I SMA Kristen Petra II Tahun Ajaran 1991-1992 Di Surabaya

Main Author: Loewanto, Fifi Anita
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Psikologi UBAYA , 1992
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/24781/1/P_62_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143654
http://repository.ubaya.ac.id/24781/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengambil judul : Studi hubungan antara inteligensi dengan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas I SMA Kristen Petra II Pagi Surabaya tahun ajaran 1991-1992. Salah satu permasalahan yang sering timbul adalah tidak semua orang yang mempunyai taraf kemampuan berpikir kreatif tinggi juga memjliki taraf kecerdasan tinggi, atau sebaliknya tidak semua orang yang memiliki taraf kecerdasan tinggi juga memiliki taraf kemampuan berpikir kreatif tinggi. Adapun masalah yang diteliti ada1ah mengenai hubungan antara inteligensi dengan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas I. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian, yaitu diketahui ada tidaknya hubungan antara inteligensi dan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas I SMA Kristen Petra II Pagi Surabaya tahun ajaran 1991-1992. Pemilihan subyek ini menggunakan Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Setelah data didapat dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Keseluruhan data dianalisis dengan Teknik Korelasi Parsial Jenjang pertama dan Teknik Korelasi Product Moment Pearson. Adapun dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan : ada hubungan antara inteligensi dengan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas I SMAK Petra II tahun ajaran 1991-1992 di Surabaya tetapi hubungan itu sifatnya tidak linear. Hal itu berarti adanya indikasi Teori Ambang terbukti karena semakin tinggi kreativitas hubungan antara inteligensi dengan kemampuan berpikir kreatif semakin kecil.