Pembuatan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ruangan Rumah dalam Bahasa Inggris untuk Anak Kelas Dua Sekolah Dasar
Main Author: | Riyanto, Octavian |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Surabaya
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/24234/1/MMD_144_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237708 http://repository.ubaya.ac.id/24234/ |
Daftar Isi:
- Pelajaran Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sulit bagi siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan hanya bersifat monoton sehingga anak bosan dan malas untuk memperhatikan. Metode pembelajaran yang bersifat monoton mengakibatkan nilai dalam bidang Bahasa Inggris juga kurang baik, sehingga siswa mengikuti les tambahan di rumah agar dapat mengerti materi - materi yang diajarkan di sekolah. Pada saat ini banyak pembelajaran yang berbasis hiburan dan game yang beredar pada toko - toko buku, dengan adanya pembelajaran tersebut maka belajar akan lebih menyenangkan dan tidak monoton. Oleh karena itu, metode pembelajaran menggunakan animasi dan suara merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa akan Bahasa Inggris. Maka dari itu dibuatlah sebuah aplikasi yang menarik dan interaktif tentang Bahasa Inggris ini yaitu Aplikasi Multimedia Interaktif. Multimedia Interaktif yang dibuat ini akan terdapat 5 pelajaran ruangan rumah dimana tiap pelajaran terdapat benda - benda interaktif yang dapat mengeluarkan suara tentang pembelajaran tersebut. Selain itu juga akan ada halaman evaluasi atau practice pada tiap topik pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang topik ruangan rumah tersebut. Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi memberikan hasil yang dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, karena menurut pengguna, aplikasi pembelajaran ruangan rumah dalam Bahasa Inggris ini menarik sehingga anak-anak dapat memahami Bahasa Inggris dengan lebih baik.