Studi Deskriptif tentang Hubungan Atmospheric, Servicescape, dan Destination Attractiveness di Taman Safari Indonesia II
Main Author: | MUKTI, SANDRA ANGGANA |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Surabaya
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/24229/1/M_5541_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/238182 http://repository.ubaya.ac.id/24229/ |
Daftar Isi:
- Dalam bidang pariwisata, Jawa Timur merupakan provinsi yang mempunyai objek wisata yang terbanyak dibandingkan dengan provinsi lain, Salah satu industri wisata di Jawa Timur adalah Taman Safari Indonesia II. Merupakan konservasi alam yang dibangun sejak tahun 1986 dengan konsep “Taman Margasatwa Terbuka” satu-satunya di Indonesia, yang memperagakan satwa-satwa langka dari seluruh dunia di dalam suasana yang mendekati habitat alaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan atmospherics, servicescape, dan destination attractiveness pada Taman Safari Indonesia II, dan untuk mengetahui perbedaan persepsi wisatawan pria dan wanita terhadap Taman Safari Indonesia II. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer. Target populasi adalah wisatawan yang pernah mengunjungi Taman Safari Indonesia II. Karakteristik populasi adalah responden pria atau wanita, minimal pendidikan SMA, pernah mengunjungi dalam enam bulan terakhir dan menggunakan fasilitas toilet, restoran, dan satu atraksi wisata. Penelitian ini menggunakan aras pengukuran interval, yaitu suatu pengukuran dengan jarak yang sama. Jenis skala pengukuran yang digunakan adalah numerical scale dengan tujuh tingkatan pilihan jawaban yang sudah tersedia disetiap pernyataan pada kuesioner. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji spearman’s dan mann-Whitney u-test. Hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa atmospherics, servicescape, dan destination attractiveness Taman Safari Indonesia II memiliki hubungan searah. Selain itu didapatkan hasil penelitian bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara wisatawan pria dan wanita terhadap atmospherics, servicescape, dan destination attractiveness Taman Safari Indonesia II.