Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Sektor Non Keuangan dan Non BUMN yang Terdaftar di BEI Tahun 2010, 2011, dam 2012
Main Author: | Mawandira, Sasi Ika |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Surabaya
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/21728/1/AK_3522_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237132 http://repository.ubaya.ac.id/21728/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat manakah diantara profitabilitas, likuditas, solvabilitas, ukuran perusahaan, dan jenis industri yang memiliki pengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Sebab hal tersebut dapat menunjukkan apakah badan usaha beroperasi tidak hanya berfokus untuk mendapatkan keuntungan serta menarik investor maupun kreditor untuk menanamkan modalnya di perusahaan tersebut, tetapi juga berfokus pada kepentingan stakeholder lainnya, seperti masyarakat, karyawan, lingkungan, dll. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan gambaran bagaimana pengungkapan CSR perusahaan di Indonesia baik per sektor maupun per tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode causal study karena tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang diukur melalui return on asset (ROA), current ratio (CRT), debt to total asset (DTA), ukuran perusahaan (SIZE), serta jenis industri terhadap pengungkapan CSR. Sampel yang digunakan yaitu sektor industri non keuangan dan non BUMN tahun 2010, 2011, dan 2012. Sedangkan, teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dan jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 357 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA, CRT, dan DTA tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan CSR. Besar kecilnya rasio-rasio tersebut tidak mempengaruhi pengungkapan CSR sektor industri di Indonesia. Sedangkan, SIZE dan Jenis Industri menunjukkan hubungan yang positif signifikan terhadap pengungkapan CSR. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin besar ukuran perusahaan, maka perusahaan tersebut akan semakin informatif terhadap kegiatan CSR yang dilakukan. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki pengungkapan CSR yang berbeda-beda baik antar sektor maupun antar tahun pengungkapan CSR.