Studi Segmentasi Berorientasikan Psikografis dan Behavioral pada Konsumen Fitness Center di Surabaya

Main Authors: Rinawiyanti, Esti Dwi, Meitha, Rosita , Putra, Jeremia Januar Pratama
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/21179/1/Rinawiyanti_Studi%20Segmentasi_Abstrak_2014.pdf
http://repository.ubaya.ac.id/21179/2/03_Esti%2DR.pdf
http://repository.ubaya.ac.id/21179/
Daftar Isi:
  • Terdapat beberapa fitness center di Surabaya yang membuat persaingan bisnis fitness center bertambah ketat. Oleh sebab itu fitness center harus mempunyai perbedaan dan keunggulan, yang membuatnya berbeda dari yang lain. Untuk bisa memberikan perbedaan, maka fitness center harus tahu dan menentukan jenis konsumen yang dilayani. Penelitian ini menganalisa segmentasi konsumen fitness center berdasarkan variabel-variabel yang mendasari proses pemilihan suatu fitness center (Purchasing), gaya hidup (Life Style) dan motivasi (Motive), serta keterlibatan (Involvement). Dilakukan analisa faktor untuk mereduksi dan mengelompokkan variabel menjadi 15 faktor yang mempunyai kemiripan, dan berdasarkan 15 faktor tersebut dilakukan analisa cluster untuk membagi responden. Analisa crosstab digunakan untuk mengetahui perbedaan profil responden antara cluster dan didapatkan bahwa ada perbedaan variabel pendidikan terakhir dan jenis pekerjaan pada 4 cluster yang terbentuk. Dengan demikian, dihasilkan 4 cluster/segmentasi yaitu: cluster ”kenyamanan”, cluster ”sensitivitas rendah”, cluster ”individual”, dan cluster ”kesenangan”. Dari informasi tersebut pengelola fitness center dapat menentukan target konsumen yang akan dilayani dan bagaimana pengelolaan fitness center.