PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BAHASA INGGRIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: ., Lisana
Format: Proceeding PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/20965/1/SNIF%202012.pdf
http://repository.ubaya.ac.id/20965/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran yang umum yang digunakan siswa SD dalam mempelajari Bahasa Inggris adalah buku. Akan tetapi pembelajaran melalui buku ini mempunyai kelemahan yaitu membosankan karena tidak ada unsur interaktitasnya. Selain itu cukup sulit mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi pembelajaran berbasis multimedia. Pada aplikasi ini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan media buku karena terdapat komponen animasi dan suara. Selain itu pada aplikasi multimedia ini juga mempunyai fasilitas evaluasi yang memungkinkan siswa dapat mengukur pemahaman mereka dengan mudah. Materi yang disajikan meliputi pelafalkan huruf dan kata, penulisan kata-kata, dan pengenalan objek. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan ke siswa SD terlihat bahwa aplikasi multimedia pembelajaran ini dapat membantu siswa SD kelas 1 dalam memahami Bahasa Inggris.