Studi Perilaku Konsumen Mobil Merek Toyota Tipe MPV di Surabaya

Main Author: YOHAN, MARCO
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/20147/1/M_5127_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227888
http://repository.ubaya.ac.id/20147/
Daftar Isi:
  • Kebutuhan manusia sekarang ini sudahlah tak terbatas. Setiap individu memiliki kebutuhan dan keinginan masing-masing. Untuk itu sebagai seorang produsen maupun pemasar harus selalu jeli terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus berganti seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu maka perlu diadakan penelitian tentang perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku konsumen Mobil Merek Toyota Tipe MPV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel dengan metode probability sampling, dan convenience. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu konsumen yang membeli dan mengendarai dengan periode kurun 1 tahun terakhir. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 150. Data penelitian ini diolah menggunakan program SPSS 18.0 for Windows yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif frekuensi, serta analisis deskriptif crosstabs. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas pembeli adalah pria, berusia diantara 23-35 tahun, konsumen yang membeli sebagian besar adalah wiraswasta dan pegawai swasta, jenis mobil yang diminati adalah Avanza dan Innova, konsumen cenderung membeli karena alasan resale value serta faktor comfortable, dan konsumen membeli pada saat ada bonus dan potongan harga, konsumen mayoritas melakukan pembelian di dealer, konsumen melakukan pembelian karena motivasi diri sendiri, dan konsumen cenderung mengetahui informasi melalui brosur, dan hampir seluruh konsumen Surabaya menyatakan puas setelah membeli dan menggunakan mobil merek Toyota tipe MPV.