Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan Event DBL Development Basketball League di Surabaya

Main Author: ., JEFFRY
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/20135/1/M_5116_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227870
http://repository.ubaya.ac.id/20135/
Daftar Isi:
  • DBL membuktikan diri sebagai kompetisi pelajar terbesar dan paling bergengsi di Jawa Timur, lebih bersinar daripada kompetisi basket lainnya di Jawa Timur, termasuk kompetisi profesional tertinggi di Indonesia. DBL merupakan liga basket yang melakukan Experiential Marketing. Hal ini dapat dibuktikan dengan DBL tidak hanya menekankan pada benefit yang didapatkan oleh penonton melainkan turut memasukkan unsur pengalaman. DBL berusaha untuk menciptakan pengalaman yang mengesankan dan positif bagi penonton. Jenis penelitian yang dipakai adalah riset konklusif yang digolongkan ke dalam riset eksperimental, pola hubungan yang kausal karena meneliti pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan. Dimensi dari experiential marketing dapat dilihat dari sense, feel, think, act, dan relate. Sedangkan dimensi dari kepuasan pelanggan dapat dilihat dari faktor-faktor yang berhubungan dengan produk, faktorfaktor yang berhubungan dengan pelayanan, dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pembelian. Sumber datanya primer dengan cara menyebarkan kuesioner, yang sesuai dengan karateristik populasi yang berjumlah 100 responden. Aras yang digunakan adalah aras interval dan skala pengukuran yang digunakan adalah numerical scale. Metode pengolahan data adalah regresi linier sederhana. Melalui hasil penilitian yang didapatkan berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS 17.0 for windows, dapat disimpulkan bahwa Experiential Marketing yang diterapkan oleh event DBL di Surabaya berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggannya sebesar 0, 325. Experiential Marketing mampu menjelaskan sebesar 10,6% Kepuasan pelanggan. Experiential Marketing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan