Kemampuan Mendesain Pekerjaan Sebagai Mediator Hubungan Antara Dukungan Sosial Atasan, Dukungan Sosial Rekan Kerja dan Keyakinan Diri Guru dengan Keterikatan Kerja Pada Guru

Main Author: PUTRA, GANESHA BAYUA
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Surabaya , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/236237
http://repository.ubaya.ac.id/19969/
Daftar Isi:
  • Keterikatan kerja yang dimiliki guru berpengaruh pada kinerja yang guru tampilkan. Keterikatan kerja guru pada tiga SMA Negeri Surabaya diindikasi adanya kesenjangan pada semangat dan dedikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kemampuan mendesain pekerjaan sebagai mediator dalam mengaitkan hubungan antara dukungan sosial atasan, dukungan sosial rekan kerja dan keyakinan diri guru pada keterikatan kerja guru. Subjek pada penelitian ini adalah guru tetap dan guru tidak tetap yang berstatus mengajar pada tiga sekolah negeri di Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel pada dukungan sosial dari atasan dan rekan kerja. Pada keyakinan diri guru menunjukkan t hitung < t tabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterikatan kerja lebih berhubungan positif dengan sumber daya organisasional dengan menggunakan peran kemampuan mendesain pekerjaan sebagai mediator. Peneliti diharapkan menggunakan sekolah dengan status yang berbeda yaitu sekolah negeri dan sekolah swasta. Peneliti dapat menggunakan uji beda untuk melihat keterikatan kerja dari sekolah negeri saja dan sekolah swasta.