Studi Kelayakan Bisnis Wirausaha Boutique Pakaian Wanita di Daerah Sekitar Kampus UBAYA Tenggilis

Main Author: Melani, Julya
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Teknik UBAYA , 2001
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/19848/1/TM_1587_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136258
http://repository.ubaya.ac.id/19848/
Daftar Isi:
  • Bisnis wirausaha yang me ianjikan hasil memuaskan pada kondisi perekonomian sekanmg ini begitu digemari masyarakat termasuk kaJangan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat di daerah sekitar kampus, misalnya UBAYA Tenggilis, dimana banyak bisnis wirausaha seperti cafe, warnet, wartel, toko komputer, toko handphone, hnutique palcaian, dan sebagainya yang sebagian besar didirikan oleh mahasiswa. Melihat kenyataan bahwa dunia fashion begitu digemari oleh remaja termasuk maha.c;iswi UBA YA Tenggilis dan macoih sedikitnya boutique pakaian wanita di daerah sekitar kampus UBAYA Tenggilis, maka pada penelitian ini ak.an dirancang studi kelayakan untuk pendirian wirausaha boutique pakaian wanita di daerah sekitar kampus UBAYA Tenggilis. Studi kelayakan ini direncanakan untuk pelaksanaan selama 5 tahun. Perencanaan untulc pemasaran dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung _iumlah pangsa pasar yang dapat dipenuhi oleh investor, dan secara kualitatif dengan merancang strategi pemasaran usulan berdasarkan basil lcuesioner dan mempertimbangkan situa.c;i elconomi saat ini. _.-.Perencanaan dalam bidang teknis dilakukan dengari membuat layout ruang yang bemuansa kayu, dan perancangan tinggi gantungan dibuat secara ergonomis dengan mnggunakan metode perancangan antropometri. Perencanaan untuk aspek keuangan adalah dengan membuat proyeksi aliran kas, laporan rugillaba dan neraca untuk perencanaan selama 5 tahun proyek. Dalam menganalisis pennasalahan keuangan digunakan metode BEP, IRR, Discounted PP dan NPV. Hasil analisis setelah dilakukan perhitungan menunjukkan IRR = 71%, jauh lebih besar dari MARR = 25% dan NPV menghasilkan nilai yang positifyaitu sebesar = Rp.45.925.060,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis ini layak untuk dilaksanak.an. Analisis sensitivitas dilakukan untuk mengetahui berapa nilai minimaJ contribution margin ratio dan nilai maksimal penurunan pe jualan agar NPV=O. Dari perhitungan yang dilakukan, nilai minimal cnntrihuJ.ion margin ratio untul:c penjualan houJ.ique adalah 53.63% dan wttuk penjualan door to door adalah 43.63%, sedangkan nilai peningkatan penjualan minimal adalah 1.04% untuk tiap tahunnya.