Studi Eksploratori Experiential Marketing Urgent Store Tunjungan Surabaya

Main Author: Ricardo, Rickie
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/19473/1/M_4894_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154893
http://repository.ubaya.ac.id/19473/
Daftar Isi:
  • Pendekatan experiential marketing dinilai sangat efektif karena sejalan dengan perkembangan jaman dan teknologi, para pemasar lebih menekankan diferensiasi produk untuk membedakan produknya dengan produk kompetitor. Dengan adanya experiential marketing, pelanggan akan mampu membedakan produk dan jasa yang satu dengan lainnya karena mereka dapat merasakan dan memperoleh pengalaman secara langsung melalui lima pendekatan (sense, feel, think, act, relate). Experiential marketing adalah suatu aktivitas untuk melakukan antisipasi, pengelolaan, dan pencapaian kepuasan pelanggan melalui proses pertukaran yang merupakan peristiwa-peristiwa pribadi yang terjadi sebagai tanggapan atas beberapa stimulus. Jika dilihat dari sisi pelanggan experiential marketing adalah apa yang dirasakan pelanggan dari peristiwa pribadi sebagai tanggapan atas beberapa stimulus yang diterima setelah mengunjungi Urgent Store. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam (mengeksplorasi) faktor-faktor eksperiential marketing pada Urgent Store. Jenis penelitian yang digunakan adalah riset exploratory, yaitu penelitian untuk menggali lebih dalam mengenai experiential marketing yang diterapkan oleh Urgent Store Tunjungan Surabaya. Experiential marketing disini mencakup sense, feel, think, act dan relate. Dari hasil penelitian ditemukan beragam faktor yang dapat dirasakan oleh pelanggan yang menimbulkan suatu pengalaman yang tak terlupakan, yang paling mendominasi adalah sense.