Perancangan Sarana Pembelajaran Kecerdasan Visual Spasial Anak Dengan Umur 7-11 Tahun

Main Author: KOESWANTO, ALVIN
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Teknik UBAYA , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/17787/1/DMP_58_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232820
http://repository.ubaya.ac.id/17787/
Daftar Isi:
  • Melalui teori multiple intelligences yang dikemukakan oleh Howard Gardner, manusia dapat mengerti tentang tipe-tipe kecerdasan yang dibutuhkan untuk masa mendatang. Salah satu kecerdasan yang wajib dikembangkan sejak dini adalah kecerdasan visual spasial yang erat hubungannya dengan salah satu panca indera kita yaitu mata. Kecerdasan ini dapat berkembang pesat pada umur 7-11 tahun. Sayangnya masyarakat kurang peduli terhadap permasalahan ini karena kurangnya sarana pembelajaran yang ada di pasaran sekarang. Ini berakibat pada terhambatnya perkembangan kecerdasan visual spasial pada anak. Melalui proyek ini, masalah ini akan diselesaikan dengan sudut pandang desain produk dengan tujuan yaitu dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak dengan bantuan media yang tidak membosankan. Oleh karena itu tujuan akhir dari laporan ini adalah mendesain mainan edukatif yang mampu melatih kecerdasan visual spasial anak. Mainan edukatif yang dihasilkan berupa puzzle berbentuk tabung dengan kelebihan yaitu tingkat kesulitan yang dapat diatur sesuai dengan pengguna.