Study Deskriptif Destination Image Karimunjawa Berdasarkan Persepsi Wisatawan Nusantara (wisnus) Dan Wisatawan Mancanegara (wisman)

Main Author: KOSASIH, RAHMAN
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/14470/1/M_5231_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230353
http://repository.ubaya.ac.id/14470/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan image Karimunjawa sebagai tujuan wisata menurut wisataran nusantara dan mancanegara. Pengukuran image tujuan wisata terdiri dari beberapa dimensi, yaitu: keindahan dan kenyamanan alam (Environmental Beauty & Convenience), penduduk di tujuan wisata (Country’s Citizens), struktur bangunan dan arsitektur (Place & Architectural Structure), tempat wisata dan akomodasi wisatawan (Shopping & Tourist Accommodation), dan budaya serta makanan lokal (Local Culture & Cuisine), sesuai dengan penelitian mengenai image tujuan wisata menurut Bozbay dan Ozen (2008). Metodologi penelitian adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan melakukan perbandingan. Perbandingan image Karimunjawa sebagai tujuan wisata menurut 114 orang wisatawan nusantara dan 114 orang wisatawan mancanegara, karena beberapa dimensi pengukuran image tujuan wisata menurut Bozbay dan Ozen (2008) menyangkut perbandingan tempat tujuan wisata dengan negara asal. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata destination image Karimunjawa menurut wisnus dan wisman adalah baik, hal ini ditunjukkan dari rata-rata total wisman sebesar 4,785 dan wisnus sebesar 5,098 yang termasuk tinggi dalam skala penilaian 1-7.