Pembuatan Visual Novel Pengenalan Siddhartha Gautama Untuk Anak Usia 4 - 6 Tahun

Main Author: MULYANI, MELITA
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Teknik UBAYA , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/14139/1/TI_1597_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232743
http://repository.ubaya.ac.id/14139/
Daftar Isi:
  • Pengenalan agama pada anak sebaiknya d ilakukan sejak usia dini karena anak usia dini dapat dengan cepat menyerap apa yang diajarkan kepadanya. Namun, saat ini media multimedia interaktif tentang Agama Buddha masih sangat jarang. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah aplikasi multimedia interaktif pengenalan tokoh utama dalam Agama Buddha, yaitu Siddhartha Gautama. Apli kasi ini berbentuk visual novel yang dilengkapi gambar dan suara. Dalam aplikasi ini juga terdapat mini game kuis yang bertujuan untuk menarik minat anak untuk menggunakan aplikasi dan juga mengevaluasi seberapa dalam anak dapat menyerap cerita dalam aplikasi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan menganalisis tentang psikologi anak usia 4 - 6 tahun dan membagikan kuisioner pada anak untuk mengetahui desain seperti apa yang disukai anak - anak. Setelah mendapatkan data, proses dilanjutkan dengan membuat seluruh aset yang diperlukan untuk pengimplementasian aplikasi. Pembuatan aset, suara dan program dalam aplikasi ini menggu nakan software Adobe Illustrator CS5, Adobe Audition 1.5 dan Adobe Flash CS5 . Aplikasi ini telah melewati tahap uji coba dengan membagikan kuisioner pada user dan pembimbing (pembina sekolah minggu dan orang tua). Dari hasil uji coba, aplikasi ini mendapatkan respon positif baik dari user maupun pembimbing