Studi Deskriptif Penerapan Servicescapes pada De'Kasteel Resto menurut Persepsi Konsumen

Main Author: ANGKAWIJAYA, NOVALIA
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/14118/1/M_5226_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230261
http://repository.ubaya.ac.id/14118/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena melihat pada jaman globalisasi ini persaingan dalam industri restoran semakin ketat. Cita rasa dan harga bukanlah lagi penentu utama dari suksesnya usaha restoran, sehingga dibutuhkan diferensiasi untuk dapat bertahan. Salah satu diferensiasi yang mempunyai pengaruh cukup besar pada konsumen saat ini adalah servicescapes dari restoran tersebut. De’Kasteel Resto adalah salah satu restoran yang memakai konsep servicescapes sebagai diferensiasinya dimana tema yang diangkat adalah bernuansa Eropa di Abad Pertengahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap servicescapes pada De’Kasteel Resto. Servicescapes diukur melalui ambient conditions, spatial layout and functionality, dan signs, symbols, and artifacts. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Pengolahan data menggunakan Mean, Standar Deviasi, dan Koefisien Varian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa servicescapes di De’Kasteel Resto mendapatkan penilaian yang baik, dengan demikian hasil penelitian mendukung konsep teori tentang servicescapes.