Profil Tanggapan Konsumen terhadap Kualitas Layanan Pemberian Informasi Obat dalam Pekerjaan Kefarmasian di Beberapa Apotek di Kecamatan Sukomanunggal Surabaya Barat

Main Author: Sukmawati, Desy Putri
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Farmasi UBAYA , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/13752/1/F_3155_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/216715
http://repository.ubaya.ac.id/13752/
Daftar Isi:
  • Dilakukan penelitian profil tanggapan konsumen terhadap kualitas layanan pemberian informasi obat dalam pekerjaan kefarmasian di beberapa apotek kecamatan Sukomanunggal Surabaya barat, melibatkan 125 responden, 5 apoteker, 5 asisten apoteker dengan metode non-probability sampling. Data diambil dengan menggunakan metode Survey. Hasil persentase yang didapat apoteker yang tidak memberikan informasi : 60% tentang obat; konsultasi obat; interaksi obat dengan obat lain atau makanan, 80% efek samping obat. Dan apoteker yang memberikan informasi : 60% pantangan yang harus dihindari, kadaluarsa, dan dalam bentuk media; 80% indikasi obat, kontra indikasi obat, cara penyimpanan obat, lama pengobatan; 100% aturan minum, dosis, frekuensi dan cara penggunaan obat. Persentase responden yang tidak mendapatkan informasi : 60% lama pengobatan, 63,2% efek samping obat, 72% interaksi obat dengan obat lain atau makanan, 61,6% cara penyimpanan dan waktu kadaluarsa obat. Dan yang mendapatkan informasi : 66,4% khasiat obat, 79,2% aturan pakai, dosis dan frekuensi pemberian obat. Apoteker yang paling dibutuhkan oleh responden : cara penggunaan obat (21,50%) dan tujuan pengobatan (20,38%). Peranan Asisten Apoteker di apotek adalah 100% memberikan informasi obat, cara pemakaian obat (18,75%). Kata Kunci: Kualitas layanan pemberian informasi obat, tanggapan konsumen apotek, peranan apoteker, peranan asisten apoteker.