Pembuatan Web Portal dan E- Commerce untuk Penggemar Grup Musik Indonesia

Main Author: SONDAKH, ENGELINE F
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Teknik UBAYA , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/13544/1/TI_1496_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/225923
http://repository.ubaya.ac.id/13544/
Daftar Isi:
  • Saat ini perkembangan industri musik Indonesia sangatlah pesat. Banyak penyanyi atau grup musik baru mewarnai blanktika musik Indonesia. Dengan ciri khas dan keunikan yang dimiliki membuat seorang penyanyi atau grup musik memiliki banyak penggemar. Hal ini membuat penggemarnya berlomba-lomba untuk mendapatkan informasi atau berita mengenai idolanya. Salah satu media yang bisa digunakan secara cepat dan mudah adalah melalui internet. Salah satu aplikasi yang bisa menampung semua kebutuhan dari user adalah web portal. Dalam web portal ini terdapat 3 hak akses yang bisa di berikan, yaitu sebagai merchant, management group atau sebagai user biasa. Setiap user memiliki hak akses yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Untuk jualan, merchant dapat langsung memamerkan produk jualannya sehinnga dapat menghemat waktu dan tempat. Management group mengupdate segala berita terkini yang berhubungan dengan penyanyinya baik itu album baru, berita terkini sampai dengan even konser. User bisa membeli aksesoris atau merchandise idolanya yang di jual atau di lelang oleh merchant. User juga bisa melihat berita-berita atau informasi penyanyi atau grup musik tertentu. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dan dianalisis terhadap sistem yang sedang berjalan saat ini. Lalu berdasarkan hasil analisis dilakukan desain sistem dan implementasi sistem. Setelah implementasi selesai, dilakukan uji coba terhadap sistem yang terjadi dari dua tahap, verifikasi dan validasi. Dari hasil verifikasi dan validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibuat mampu memenuhi kebutuhan dari user, management group dan merchant.